06 July 2008

Day 01

Hari pertama gue menginjakan diri ke tanah Malaysia adalah menghasilkan kesan mendalam yang terwujudkan dalam 1 kata yang mungkin bukan sebuah kata.. yaitu adalah..."huf.."

Gue berangkat ama bokap gue. Waktu gue berangkat dari Semarang, pamit ke semua anggota keluarga besar ( mama, eyang, tante, om, bulek, pakde, bude, sepupu, keponakan, adek, pacarnya adek, nyokapnya pacarnya adek, kucing rumah, kucing depan rumah, tikus yang sering ditembakin ama papa, semut yang sering ngerubungin donat j-co gue,dll ) gue berhasil bersikap cool, senang, dan tidak akan merindukan rumah..
Waktu di pesawat menuju ke malaysia juga baik-baik aja...

sampe akhirnya..

Begitu mendarat dari pesawat..seharusnya gue uda dijemput ama orang dari universitas yang bakal bawa surat keterangan yang bakal ngelolosin gue dari imigrasi..

....

Seharusnya.


Orang universitasnya itu telat .Pada akhirnya gue harus menunggu dia mengeluarkan diri gue dari imigrasi. Gue nunggu gi ruang tunggu bareng segerombolan TKW. Dan baru pertama kali gue liat TKW dari jarak sedekat itu.

Jantung gue berdegup kencang, keringat dingin mulai keluar, ingus mulai menetes....gue kena flu ringan.

Tapi bener..ini pengalaman yang unik melihat wajah-wajah mereka ketika mereka pertama kali sampai di sini. Ada yang ngobrol dan berusaha sok santai , tapi keliatan kalo dia tegang. Ada yang cerita-cerita sok pengalaman, kayaknya yang ini uda ga pertama kali ke sini. Ada yang selimutan ngieliatin keluar jendela ke arah pesawat-pesawat.

Gue jadi penasaran apa yang ada di pikiran mereka, terutama yang pake selimut ngeliatin keluar jendela..

mungkin dia lagi ngebayangin kampungnya.. emak ama engkong... kebon pisang depan rumah..

atau..


"Waa..pesawatnya gedhe gedhe ya!!??bisa mabur lagi!!weleh weleh.."


Abis itu orang yang gue tunggu akhirnya gue telpon. Namanya Mr.Shangkar. Begitu gue telpon dia bilang, dia uda deket airport. Ya uda gue tunggu aja sambil ikutan ngeliatin keluar jendela ke arah pesawat sambil menahan diri ga ikutan selimutan dan akhirnya memutuskan untuk ga jadi study malah jadi TKI.


Akhirnya si Mr. Shangkar datang! gue mengharapkan akan di sambut dengan senyuman ramah di wajah nya..tapi ternyata...gue di sambut oleh muka yang tidak diharapkan. Orangnya gede, India , rambut rapi, rada gendut, pake baju kuning, dan ekspresi mukanya hampir sama kaya Han Solo waktu dijadiin batu di film Star Wars atau bahasa gampangnya malesin banget.

Gue sapa dia..

"Mr. Shangkar..."

Mr.Shangkar ngliat gue..

"Nara Asyadha ?"

Gue mengangguk dan menyetujui kalo gue memang Nara Asyadha. Dia ngerogoh ke dalem map yang dia bawa dan ngambil surat yang gue tunggu-tunggu. Dia kasih liat suratnya ke gue terus dia bawa gue ke imigrasi.

Gue meninggalkan bangku tunggu penuh dengan saudari-saudari TKW yang merantau kemari untuk sesuap nasi dan pergi keluar imigrasi. Bye-bye saudari-saudari setanah air..

Begitu keluar airport, gue di oper ke temennya buat nganterin ke kondominium gue. Yang ini hampir sama sih perawakannya, India juga, berewokan, rambut cepak, mukanya juga rada malesin. Tapi mending daripada si Shangkar.

Kita memulai perjalanan. Perjalanan nya sangat menyenangkan, kita bernyanyi-nyanyi sepanjang perjalanan, dia nunjukin gue tempat-tempat menarik di malaysia...tapi boong !!
Boro-boro nyanyi..ngomong aja males banget!! Ni orang bener-bener ngomong kalo di tanya doang..

Di jalan gue harus adaptasi kan mata gue dengan segala sesuatu di sekeliling gue yang memang asing buat gue. Budaya Melayu kadang membuat tetap berada di rumah dan jauh dari rumah secara bersamaan.

Ampe di kondominium, tempatnya lumayan.

Tapi gue sama sekali ga mendengar bahasa yang gue ngerti. Di sekeliling gue yang gue denger adalah..


....


......


.......


Ga Tau!!! Gue berasa kaya di planet lain!!

bahasa afrika, korea, cina, india, di mana Indonesia????


Gue berusaha tenang. Si abang yang jemput gue nuntun gue menuju receptionist. Gue langsung ngurus tetekbengek surat-surat dari A ampe Z di receptionist.

Abis semua kelar, gue langsung di anterin ke kamar gue. Lantai 3A tower C.
Dengan amat sangat depresi gue ngikutin abang yang jemput gue itu ke kamar gue. Gue berhenti di depan pintu bertuliskan C-3A-06.

Pintu dibuka. Gue berusaha bilang ke diri gue.."home sweet home.." tapi sama sekali ga berfungsi.

Si Abang bilang flatmate gue orang korea, iran, ama ghana.
Dia tunjukin kamar gue.
Begitu pintu di buka....gue ngliat kamar gue adalah kamar tanpa view. Jendelanya menghadap ke dapur. dan bener-bener bikin tertekan.

Abang India ninggalin gue dengan kunci kamar ini. Gue liat kunci nya, terus gue liat lagi kamarnya. Berharap gue salah di kasih kamar.

Huf..okay..this is life..

No comments:

Post a Comment