17 July 2008

Apa yang Dibutuhkan Indonesia ?

Indonesia merdeka sejak tahun 1945. Sejak hari itu , Indonesia memiliki sejarah yang panjang dengan penuh komplikasi di dalamnya. 1946 harus menghadapi kembalinya Belanda ke tanah air, pernah mengalami perubahan beberapa kali dalam sistem pemerintahan, tahun 1965 masalah komunis, tahun 1998 yang penuh dengan tanggal kelabu, dan sebagainya. Namun, mengapa hari ini, Indonesia belum dapat berkembang dengan baik?
Jika dipikir, kita memiliki tanah yang subur, laut dengan ikan yang dapat dipanen setiap saat, dan sebagainya, yang jika saya sebut satu persatu malah akan membuat kita semakin sedih karena menyadari bahwa kita kaya dan miskin dalam waktu yang bersamaan.

Apa masalah dari ini semua?
Mana yang perlu dirubah lebih dahulu?

Dari atas ( pemerintah ) ? atau dari bawah ( rakyat ) ?

Memang saat ini orang-orang pemerintah selalu di sorot sebagai seorang yang bertanggung jawab atas semua yang terjadi di negara ini. Tapi apa benar hal ini hanya bersumber dari atas? Gue rasa ga..
Dari bawah juga.

Ketika semua orang dapat memiliki satu tujuan yang sama, yaitu membangun Indonesia, semuanya bisa saja terwujud. Masalah nya, saat ini , entah dia dari atas atau bawah, mereka memiliki tujuan yang berbeda. Mereka tidak percaya bahwa "Indonesia Bisa !"

Seharusnya Indonesia Bisa! Kita semua bisa ! Kita hanya perlu percaya bahwa kita negara besar! Kita perlu tanamkan dalam diri kita bahwa..Gue bisa bangun Indonesia menjadi negara besar!!

Indonesia Bisa!

1 comment:

  1. inspirasi dari negara tetangga nar yang sudah kamu injak? hahaha :)

    yaah memnag kuncinya tu kepercayaan buat maju. kalo sugesti kita Indonesia terpuruk terus ya gmn mau maju. betul?

    ReplyDelete